Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya

- Maret 19, 2017

Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya

 
Kue bugis ketan merupakan satu dari sekian banyaknya resep aneka kue basah kukus yng terbuat dari olahan tepung beras ketan, baik tepung ketan putih ataupun ketan hitam maupun perpaduannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk adonan kulitnya. Isi unti dari bahan kelapa parut serta gula merah pun adalah ciri khas pada biasanya.
Resep Kue Bugis Ketan Hitam Kue bugis mirip yang dengannya kue mendut dalam jajanan tradisional khas Jawa. Teksturnya kenyal lembut serta rasanya gurih dari campuran santan kelapa, dan cita rasa manis legit isian unti kelapa parut serta gula merah turut andil menjdai daya tarik kelezatannya.
Berbungkus daun pisang adalah versi yng umum dijumpai, bungkus plastik pun sdigunakan dalam versi yng berbeda. Kue bugis ketan hitam adalah varian kue bugis yng pun Amat diminati.
RESEP KUE BUGIS KETAN HITAM :
Bagi sebagian orang tidak lebih menyukai rasa unti yng terlalu manis, maka kita bisa mengatur gula merah ataupun gula pasir bagi atau bisa juga dikatakan untuk unti warna putih yang dengannya takaran yng pas pendapat dari selera. Selain itu agar nantinya kue bugis sesudah matang tak lengket di daun, kita mampu mengolesi tipis minyak goreng pada daun pisang pembungkus kue bugis.
Bahan adonan kulit :
  • 200 gram tepung ketan
  • 50 ml air Anget
  • 2 sdm tepung tapioka/kanji
  • 125 ml santan dari 300 gram kelapa parut
  • 1 sdt garam
  • Daun pisang secukupnya, potong-potong yang dengannya lebar 20 cm
Bahan unti :
  • 125 gram kelapa parut
  • 35 gram gula merah
  • 3 sdm air
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
CARA MEMBUAT KUE BUGIS KETAN HITAM :
Berikut beberapa tahapan pembuatannya yng bisa menghasilkan 15 buah kue bugis.
Cara Membuat Isi Unti Kue Bugis 1. Tahap pertama merupakan membuat unti, seluruh bahan dimasak mempergunakan wajan sambil terus diaduk sampai-sampai kering serta tercampur rata, matikan api lalu sisihkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk adonan isi.
Adonan Kue Bugis 2. Selanjutnya, campurkan tepung ketan, tepung tapioka serta garam, tuang air Anget lalu uleni sampai-sampai halus. Lantas tuang santan tidak banyak demi tidak banyak sambil diuleni hingga adonan kalis serta gampang dibentuk.
Cara Membuat Kue Bugis 3. Ambil 1 sendok makan adonan ketan serta bulatkan sebesar bola pingpong, pipihkan lalu letakkan 1 sendok teh isi unti di tengahnya lantas bulatkan kembali.
Cara Membungkus Kue Bugis
Cara Membungkus Kue Bugis
4. Siapkan selembar daun pisang serta olesi tipis yang dengannya minyak goreng, masukkan adonan kue bugis yng telah diberi isi tadi, lantas lipat serta bentuk sesuai selera ataupun mengikuti gambar cara membungkus kue bugis segitiga di atas.
Kue Bugis Ketan Hitam 5. Panaskan kukusan yang dengannya api sedang, kukus kue bugis bungkus daun pisang selama 20 menit serta matang. Angkat kue bugis serta siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk disajikan. Terimakasih for like n share :

Source Articles & Image : resepmasakankreatif.blogspot.com

Seputar Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya